Pandemi covid-19 hampir merubah seluruh aspek kehidupan. Kita lihat saat ini, banyak sekali bisnis yang mengalami efek negatif tersebab pandemi covid ini. Namun disamping itu ternyata ada beberapa bisnis yang justru memiliki peluang yang lebih menjanjikan, seperti bisnis ekspedisi ini. Maka di artikel kali ini, akan kami sampaikan 5 tips membangun bisnis ekspedisi. Simak sampai akhir!

Perkembangan teknologi saat ini menjadikan semua hal menjadi lebih mudah, lebih simpel. Sebut saja berbelanja. Dengan bantuan teknologi, Anda tidak perlu mengunjungi toko secara langsung, cukup diam di rumah di depan layar smartphone, maka Anda sudah bisa membeli barang yang Anda inginkan. Itulah yang sering kita sebut dengan belanja online.

Bila Anda amati, saat ini yang sedang tren ialah belanja secara online. Dan belanja online mengartikan bahwa bisnis ekspedisi semakin dibutuhkan disini. Karena itulah bisnis satu ini menjadi bisnis dengan prospek bagus beberapa tahun ke depan. Bagi Anda yang ingin menggeluti dunia bisnis, bisnis ekspedisi bisa menjadi pilihan yang amat tepat.

Bisnis jasa ekspedisi menjadi pilihan tepat untuk Anda. Sumber: https://www.hipwee.com
Bisnis jasa ekspedisi menjadi pilihan tepat untuk Anda. Sumber: https://www.hipwee.com

Tips Membangun Bisnis Ekspedisi

Saat ini sudah bukan zamannya menjadi karyawan dan terikat dengan aturan yang menyusahkan. Anda sudah harus mengikuti aturan yang ada dan tidak boleh sesukanya, ditambah gajinya yang ternyata tidak seberapa. Maka membuka usaha bisnis sendiri merupakan jawaban yang sangat tepat.

Untuk membuka usaha bisnis jasa ekspedisi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Karena nantinya aka nada banyak pesaing dan rival yang menanti Anda. sudah sepatutnya untuk Anda siapkan bekal dan rencana yang matang untuk terjun ke bisnis satu ini. Yang sudah pasti Anda perlu layanan Jasa pembuatan aplikasi untuk membuat perusahaan digital Anda. 

Berikut ada beberapa tips jitu membangun bisnis ekspedisi untuk Anda. Selamat menyimak!

1. Matangkan Planning dan Modal

Hal pertama yang perlu Anda lakukan apabila benar-benar ingin serius dalam bisnis satu ini ialah buatlah perencanaan dengan matang sedari dini. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat sakral yang harus dilakukan di awal. Karena nantinya akan ada beragam risiko yang perlu dikelola dan di manajemen dengan baik.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mempersiapkan modal bisnis dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana supaya tahu berapa angka modal yang sesuai? Itulah yang dibahas dalam perencanaan. Apabila Anda melakukan planning dengan matang dan secara menyeluruh, maka Anda juga akan menemukan angka tepat modal yang diperlukan.

Anda juga perlu tentukan di awal, apakah ingin menjalankan bisnis ekspedisi skala kecil atau ada planning untuk menjadi bisnis ekspedisi terbesar. Bila hanya ingin punya bisnis ekspedisi dengan skala kecil maka Anda bisa menjadi mitra bisnis suatu perusahaan ekspedisi yang agaknya besar. Kalau begitu 5 juta kiranya sudah cukup.

Tapi bila Anda memiliki rencana punya bisnis ekspedisi berskala besar milik sendiri, maka modal tentunya juga tidaklah sedikit. Setidaknya 100 juta ialah estimasi modal yang diperlukan.

2. Lokasi, Jenis Transportasi dan Daerah Pelayanan

Pemilihan transportasi perlu dilakukan dengan seksama. Sumber: https://www.bangizaltoy.com
Pemilihan transportasi perlu dilakukan dengan seksama. Sumber: https://www.bangizaltoy.com

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan ialah menentukan lokasi usaha yang ingin Anda jalankan. Mempunyai bisnis jasa pengiriman barang artinya Anda juga perlu memiliki kantor utama guna melayani konsumen serta menampung berbagai barang.

Mengenai lokasi, cobalah mencari lokasi yang strategis dan mudah tuk dijumpai.

Hal ini dilakukan agar nantinya ada lebih banyak customer yang tahu dan akhirnya bersedia untuk menggunakan layanan jasa Anda. Mengenai transportasi, pastinya Anda memerlukan  kendaraan sebagai sarana untuk mengantarkan barang. Cobalah untuk memilih transportasi berdasarkan kebutuhan dan kapasitas.

Seperti misalnya motor untuk mengantarkan paket dengan beban sekian kilogram dengan maksimal sekian kilometer jarak. Begitu juga untuk mobil dan mungkin saja mobil box guna mengangkut paket dengan beban yang lebih berat. Untuk kantor, jangan lupa untuk memasang layanan internet kantor.

3. Pilih Jenis Pelayanan

Tips berikutnya ialah menentukan jenis layanan yang Anda tawarkan. Sebelum Anda membuka jasa ekspedisi, perlu untuk Anda fiksasikan apa saja barang-barang yang Anda terima untuk dikirim. Barang-barang paket yang dapat dikirim misalnya dokumen, barang bera, barang pecah belah, makanan dan sebagainya.

Dengan memberikan banyak jenis layanan, maka otomatis semakin banyak pula calon konsumen yang mengantri ingin menggunakan layanan jasa ini. Tidak hanya itu, Anda bisa juga memberikan garansi durasi layanan sebagai fasilitas konsumen. Misalnya saja layanan paket sampai dalam 24 jam, dalam 2 hari dan sebagainya.

Berbagai pelayanan yang ada pada jasa ekspedisi. Sumber: https://depositphotos.com
Berbagai pelayanan yang ada pada jasa ekspedisi. Sumber: https://depositphotos.com

4. Menentukan Tarif yang Sesuai

Setelah menentukan lokasi dan jangkauan wilayah antar barang, beragam jenis pelayanan, durasi pengiriman, Anda dapat menentukan tariff jadi jasa ekspedisi yang hendak Anda kerjakan. Anda bisa melakukan survey ke beberapa layanan jasa ekspedisi untuk mengetahui harga pasar.

Harapannya Anda dapat tergambar berapa tarif yang dapat dipasang setelah melihat beberapa jasa ekspedisi sejenis. sebagai catatan, cobalah untuk mematok biaya yang lebih murah dibanding kompetitor. Meskipun bisnis kita terbilang baru, namun salah satu yang menjadi daya tarik konsumen memilih layanan jasa ekspedisi ialah Karen abiayanya yang lebih murah dibandingkan yang lainnya.

5. Strategi Promosi

Jangan lupa juga utuk melakukan promosi dengan masif. Penempelan poster, tanda di lokasi, banner, dan fitur iklan di media sosial perlu Anda optimalkan dengan baik. Karena tidak bisa dipungkiri juga, banyak brand layanan jasa ekspedisi bisa sebesar sekarang ini karena promosi yang terus digencarkan yang bahkan masuk ke alam bawah sadar setiap konsumen.

Akhir kata, itulah 5 tips jitu membangun bisnis ekspedisi untuk Anda. Anda bisa juga membaca artikel kami lainnya tentang hemat ongkir dan paket benda cair. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.