Pindah rumah adalah moment yang pastinya menyenangkan walaupun melelahkan. Bagaimana tidak berpindah ke hunian yang baru menjadi impian bagi setiap orang. Menginginkan kenyamanan baru yang bisa membawa dampak jauh lebih baik dari sebelumnya.

Sebelum pindah rumah hal yang harus dipastikan adalah kesiapan barang-barang yang akan dibawah dan ditinggalkan. Karena tidak semua barang yang ada pada rumah lama dibawah semuanya ke rumah baru. Bukan hanya itu transportasi yang digunakan juga perlu dipikirkan untuk memuat barang pindahan.

Hal tersebut bisa Anda sesuaikan dengan jumlah barang yang akan dibawa, agar pindahan lebih efektif. Penggunaan truk bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk mengefektifkan ketika pindah rumah. Dengan menggunakan truk pindahan akan lebih mudah, karena sekali melakukan perjalanan bisa sekaligus memuat barang pindahan dalam jumlah banyak.

Tak perlu bingung untuk mencari truk ketika ingin pindah rumah, terutama Anda yang berada di Yogyakarta. Sekarang cargo Jogja menyediakan jasa angkutan untuk pindahan rumah, bukan hanya untuk mengirim cargo kini banyak layanan yang bisa dimanfaatkan. Jadi, semakin mudah bukan! dengan adanya jasa pengiriman barang yang kini telah banyak tersedia.

Tips Packing Efektif Saat Pindah Rumah

Proses pengepakan atau packing tentunya menjadi hal yang wajib dilakukan ketika pidahan rumah. Kebanyakan dari Anda pastinya akan merasa ruwet, pusing, atau bahkan mengalami kebingungan ketika melakukan pengemasan barang yang akan dibawa ke rumah baru.

Oleh karena itu, sangat  penting untuk memiliki rencana packing yang terorganisir. Karena akan sangat membantu Anda dalam mengatasi dari permasalahan yang sering terjadi ketika pindah rumah. Bukan hanya pada saat packing saja tapi, juga akan memudahkan ketika dilakukan pembongkaran dan menyusunnya kembali.

Berikut ini tips packing yang bisa Anda ikuti ketika pindahan rumah diantaranya:

1. Memisahkan Unit yang Bersifat Rapuh

kotak kardus
Kotak Kardus, sumber: onlineshop-misscha.com

Hindari mengepak barang yang bersifat rapuh seperti kaca dan barang pecah belah lainnya. Karena jenis barang seperti itu membutuhkan pengemasan khusus agar tidak rusak ketika dikemas dengan menggunakan bubble wrap. Dengan begini barang yang memiliki sifat rapuh akan tetap aman ketika diangkat dan dalam perjalanan menuju rumah baru.

2. Memberikan Label Pada Barang yang Berbeda

Dengan memberikan label pada setiap barang yang berbeda akan memudahkan Anda untuk mengetahui jenis barang yang telah dipacking. Hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis label seperti warna atau tulisan. Setelah itu kumpulkan barang yang sejenis pada wadah yang sama dan berikan label. Dengan cara seperti ini akan sangat memudahkan Anda ketika menyusun barang baik pada proses pemuatan dan mengaturnya kembali.

3. Memisahkan Barang Pribadi Sebelum Pindah

Yang dimaksud dengan barang pribadi seperti baju dan keperluan lainnya sebelum pindah rumah. Mengapa hal tersebut harus dilakukan? Seperti yang sudah Anda  ketahui bahwasannya waktu yang diperlukan untuk pindah rumah tentunya dilkakun jauh hari sebulum hari perpindahan. Jadi memisahkan barang yang digunakan untuk rentang waktu sebelum pindah harus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk tidak membongkar barang yang telah dipacking rapih, sehingga tidak merepotkan Anda untuk repacking kembali

4. Menggunakan Kantong Sampah Untuk Barang yang Akan Dibuang

kantong sampah
Kantong Sampah, sumber: armyproperty.com

Penting untuk Anda menyediakan wadah yang akan digunakan untuk menaruh barang yang sudah tidak terpakai lagi. Hal penting untuk mejadi catatan bagi Anda yang akan pindah rumah, agar tidak menggunakan wadah yang sama antara barang yang dibawah dan ditinggalkan. Sehingga akan membantu menghindari kesalahan memuat barang yang salah ketika akan dimuat pada angkutan barang (truk).

Jenis Truk yang Cocok Pindah Rumah

Setelah Anda mengetahui tips packing efektif tentunya mengetahui jenis truk yang cocok untuk pindah rumah juga menjadi hal yang penting. Tentunya dengan mengetahui jenis truk akan memudahkan Anda dalam memilih truk yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu bukan hanya efektif dalam melakukan packing barang tetapi, juga efektif dalam proses pemindahan barang ke rumah baru.

Berikut ini beberapa jenis mobil atau truk yang sering digunakan ketika pindah rumah diantaranya:

1. Mobil Pick Up

mobil pick up dari jasa pengiriman barang jogja
Mobil Pick Up, sumber: omcargojogja.com

Pick up adalah jenis truk yang sangat kecil jika dibandingkan dengan truk lainnya. Hal ini dikarenakan kapasitas dalam mengangkut barang yang sangat terbatas. Berat maksimal yang bisa diangkut adalah satu setangah ton, jadi hanya cocok untuk pindahan rumah yang tidak memiliki barang yang cukup banyak.

Untuk biayanya sendiri lebih efisien dan menjadi angkutan pindahan rumah yang sering digunakan. Terutama bagi Anda yang ngekost atau kontrak rumah dan ingin pindah bisa menjadi rekomendasi angkutan pindahan rumah.

2. Truk Colt Diesel Double (CDD)

Dengan memiliki ukuran muatan atau kubikasi maksimalnya yaitu, 12 CBM atau sekitar 4 ton. Tidak jauh beda dengan truk sengakatannya  Colt Disel Engkel (CDE). Bisa menjadi angkutan pindah rumah bagi Anda yang jumlah barang angkutannya dibawah 4 ton. Dengan begitu hanya akan membutuhkan sekali perjalanan saja untuk memuat barang ke rumah baru yang akan ditempati. Hemat mengeluarkan biaya tentunya bisa Anda manfaatkan untuk membeli keperluan untuk rumah baru.

3. Truk Tronton

Truk Tronton, sumber: globaltransport.co.id

Bila Anda memiliki barang bawaan yang lebih banyak atau diatas 4 ton, menggunakan truk tronton bisa menjadi solusinya. Biasa penggunaannya untuk pindahan rumah yang memiliki kapasitas yang cukup besar. Sehingga barang-barang yang akan dipindahkan ke rumah baru tentunya akan jauh lebih banyak.

Kapasitas maksimal yang bisa dimuat mencapai 25 ton atau 65 CBM, sehingga Anda bisa melakukan sekali perjalanan untuk memindahkan barang pindahan. Menjadi alternatif truk bagi kalian yang memiliki perabaton rumah yang cukup banyak dengan dimensi besar.

Itulah jenis truk yang cocok untuk pindah rumah tinggal Anda sesuaikan jenis truk mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Anda juga masih bisa membaca artikel lainnya seperti Jenis Truk Cargo Yang Banyak Digunakan. Semoga bisa bermanfaat dan Terimakasih telah membaca.