Bisa dilihat bahwa kini sudah mulai banyak perusahaan dan agen yang mewarkan jasa pengiriman barang. Ditambah lagi dengan e-commerce atau yang lebih dikenal dengan pasar online. Dimana semua produk bisa dipesan dan dibeli melalui online tanpa haru ke tempat penjualnya langsung.

Secara langsung pasar online mempengaruhi bertambahnya jasa pengiriman barang. Jadi tak heran bila sudah banyak jasa pengirman barang dengan berbagai penawaran yang diberikan. Karena tingkat pengiriman barang yang setiap tahunnya mengalami penigkatan yang signifikan.

Ini juga yang sudah dirasakan oleh Cargo Jogja sehingga, selalu berusaha dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Banyak penawaran yang diberikan mulai dari metode pengiriman dalam mempermudah Anda mengirim barang.

Melihat kondisi ini tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Agar dalam melakukan pengiriman barang tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dimana, bisa merugikan Anda sebagai pembeli atau pelaku usaha. Sudah seharusnya untuk bisa mengetahui dan memilih jasa pengiriman barang yang tepat dan terpercaya.

Tidak perlu bingung bagaimana caranya untuk memilih jasa pengiriman barang yang tepat. Berikut ini Anda bisa menyimak tipsnya:

1. Memiliki Standar Ongkos Kirim yang Jelas

pengemasan barang
Pengemasan barang, sumber: shipper.id

Hal pertama yang bisa Anda lihat dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan adalah ongkos kirim. Selalu pastikan bahwa ongkos kirim yang diberikan jelas dengan adanya rincian biaya dari jasa pengiriman barang. Baik melalui aplikasi, website, dan datang secara langsung ke agen atau perusahan jasa pengeriman.

Mengapa hal itu harus Anda perhatikan terlebih dahulu, karena pembiayan menjadi pertimabangan. Dimana Anda akan melakukan perbandingan dengan tujuan pengiriman dan transportasi yang digunakan. Apakah sesuai atau malah tidak sesuai dengan dengan biaya yang diberikan.

Ketentuan tarif jasa pengiriman sendiri biasanya bergantung dari jarak tujuan pengiriman hingga berat barang yang akan dikirimkan. Jadi hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda ketika mendapat rincian biaya pengriman.

Saat ini juga sudah banyak perusahaan jasa pengiriman yang sudah menggunakan aplikasi dan website. Tujuannya adalah untuk memudahkan para pelanggannya untuk mengakses dan mendapatkan berbagai informasi. Anda bisa memanfaatkannya untuk menghitung sendiri biaya pengiriman, jadi Anda bisa tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan.

2. Memilih Jasa Pengiriman Terpercaya

Setelah Anda mengetahui standar ongkir yang jelas selanjutnya adalah melihat rating dari jasa pengiriman barang tersebut. Hal yang harus Anda pertimbangkan adalah pastikan jasa logistic tersebut sudah banyak digunakan oleh pelaku bisnis atau orang lain.

Jika Anda lihat juga banyak dari jasa pengiriman barang lainnya yang menwarkan harga pengiriman yang murah. Jangan sampai hal ini membuat Anda terbuai dan mempertimbangkan kredibilitas dari jasa logistik yang dipilih. Selalu pastikan jasa logistic tersebut memiliki pelayanan yang baik, berkualitas, dan respon yang memuaskan.

Dengan begitu barang yang dikirimkan dapat diterima dalam kondisi baik dan sesuai dengan estimasi waktu. Tentunya hal ini yang menjadi tolak ukur untuk menilai kredibilitas pelayanan penyedia jasa pengiriman barang. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam mendistribusikan berbagai barang yang ingin dikirim.

3. Mengirim Tepat Waktu

penerimaan barang
Penerimaan barang, sumber: liputan6.com

Tidak bisa dihindari bahwasannya waktu menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan. Begitu juga dengan ketepatan waktu pengiriman barang yang menjadi hal penting. Jadi usahakan Anda memilih jasa pengiriman barang yang memiliki kualitas yang baik dalam estimasi waktu pengiriman.

Jika barang yang Anda kirim kepada pelanggan atau orang yang akan menerima dan terjadi keterlembatan pengiriman.  Maka yang akan disalahkan utama dari orang yang menerima barang bukan jasa pengiriman barangnya, melaikan Anda.

Jadi selalu pastikan kembalai terhadap pelayanan jasa logistik yang akan Anda pilih. Apakah memiliki pelayanan ketepatan waktu yang baik untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan atau orang yang akan menerima barang.

4. Memiliki Jenis Pengiriman yang Memudahkan

Ada beberpa jenis pengiriman yang ditawarkan oleh jasa pegiriman barang dan memiliki estimasi waktu yang berbeda-beda. Biasanya mereka memiliki paket ekspress atau regular sebagai pilihan dalam pengiriman barang. Keduanya memiliki perbedaan dalam waktu pengiriman, jika Anda ingin barang cepat sampai disarankan untuk memilih paket ekspress.

Mengenai harga tentunya saja berbeda paket ekspress memiliki harga pengiriman yang lumayan mahal ketimbang dengan paket regular. Jadi tinggal Anda sesuaikan lagi dengan kebutuhan dan pelayanan dalam mengirim barang kepada konsumen atau orang yang menerima.

Usahakan dalam memilih jasa logistik ada jenis paket yang ditawarkan dan memudahkan dalam proses pengiriman. Tujuannya agar Anda bisa memilih jenis paket apa yang cocok dan sesuai dengan pengiriman yang akan dilakukan.

5. Fitur Live Tracking

Salah satu fitur yang sangat memudahkan Anda sebagai pengirim untuk memantau barang yang dikirim sudah sampai mana saja. Inilah salah satu kemudahan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui posisi barang kiriman.

Cara dari proses pemantaun barang kiriman cukup mudah, dimana Anda akan mendapatkan no.resi ketika selesai membayar. Nomor tersebut bisa Anda gunakan pada website atau aplikasi yang telah disediakan oleh jasa logistik.

Jadi ada baiknya jika Anda juga memilih jasa pengiriman yang memiliki fitur live tracking di website atau aplikasi mobile. Agar barang-barang yang dikirim tetap bisa dipantau sampai barang tersebut diterima oleh penerimanya. Hal ini juga akan sangat membantu pada saat terjadi salah tempat pengiriman barang.

6. Memiliki Jaminan Keamanan

proses pemeriksaan barang
Proses pemeriksaan barang, sumber: marketing.co.id

Tips terakhir yang tentunya harus bisa Anda jamin adalah keamanan pengiriman barang. Untuk menilai jasa pengiriman barang memiliki tanggung jawab terhadap barang yang dikirim adalah jaminan keamanan. Hal ini harus ada dan wajib dimiliki oleh setiap jasa logistik, untuk memastikan keamanan pengiriman barang pelanggannya.

Apalagi jika Anda sebagai pelaku usaha yang bergerak pada bidang penyediaan barang pecah belah. Contohnya seperti furniture serta barang-barang yang memerlukan penanganan khusus, penyedia jasa pengiriman harus bisa bertanggung jawab atas pelayanannya.

Jadi sangat disarankan bagi Anda untuk memilih jasa logistik yang memiliki jaminan keamanan. Dimana jaminan keamanan biasanya dalam bentuk garansi atau perjanjian kepada pihak penyedia jasa. Sehingga sewaktu-waktu bila terjadi kesalahan Anda memiliki bukti untuk meminta pertanggung jawabannya.

Mungkin itu saja tips yang bisa dibagikan kepada Anda, semoga bisa menjadi informasi dalam memilih jasa pengiriman barang yang tepat. Ada beberapa artikel lainnya pada laman ini yang bisa Anda baca seperti keuntungan mengiriman barang menggunakan cargo. Termakasih telah membaca