Digitalisasi Bisnis Ekspedisi – Di tengah perkembangan teknologi digital industri 4.0 seperti sekarang ini, semua sektor bisnis mau tidak mau harus menggunakan teknologi dalam kegiatan operasionalnya, termasuk bisnis ekspedisi. Bisnis ekspedisi yang bergerak di bidang pengiriman barang harus bisa bersaing dengan bisnis sejenis agar tidak kalah dan tertinggal.

Pada tulisan ini, Om Cargo Jogja akan membahas tentang digitalisasi bisnis ekspedisi di era industri 4.0. Namun sebelum kita membahas tentang digitalisasi, terlebih dulu kami uraikan terkait manfaat dan bagaimana peluang bisnis ekspedisi di era industri 4.0 itu.

Manfaat Digitalisasi Bisnis

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari penggunaan teknologi pada bisnis secara umum dan secara khusus pada bisnis ekspedisi. Di bawah ini kami paparkan untuk Anda manfaat-manfaatnya. Jadi, simak sampai selesai.

Perencanaan

Dengan digitalisasi yang dilakukan oleh para sarjana jurusan teknik industri dan IT, Anda bisa melakukan perencanaan perutean yang lebih efisien, pemanfaatan kendaraan yang lebih produktif, penugasan pengemudi terdekat serta jadwal pemeliharaan kendaraan berdasarkan tanggal, kilometer serta durasi operasional.

Digitalisasi bisnis ekspedisi, sumber: google.com
Bisnis ekspedisi, sumber: google.com

Pemantauan

Pengiriman barang dari hulu hingga hilir yang bisa dipantau secara real time akan mengurangi biaya panggilan telepon, menjaga keamanan barang serta memberikan kemudahan dalam memperkirakan waktu sampai barang, yang bisa kurir informasikan kepada pihak konsumen.

Pemantauan ini antara lain meliputi lokasi dan aktivitas kendaraan, perilaku pengemudi, progres penyelesaian tugas, jam operasional, geofence, kecepatan, bahan bakar, suhu kargo pendigin, odometer, aktivitas buka tutup pintu kargo dan lain sebagainya.

Penilaian

Teknologi yang berbasis big data dan artificial intelligence memberikan banyak sekali informasi dan wawasan mengenai aktivitas armada secara terperinci. Sistem akan mengirimkan laporan secara otomatis berisi beberapa parameter dan analisis yang dibutuhkan. Dengannya, kinerja armada dan operasi logistik, hingga bagian digital advertising juga bisa dievaluasi secara keseluruhan.

Selain tiga manfaat di atas, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dengan penggunaan sistem digitalisasi bisnis ekspedisi. Manfaat tersebut antara lain seperti:

  • Penghematan biaya dan menurunkan cost
  • Meningkatkan value dan daya saing produk
  • Memberikan kemudahan
  • Menambah keakuratan data dan jangkauan global
  • Ruang dan waktu bukan menjadi kendala lagi
  • Lebih teratur dan sistematis
  • Mempermudah komunikasi antar karyawan

Peluang Bisnis Ekspedisi

Untuk Anda yang biasa berbelanja secara online tentu saja sudah tidak asing dengan istilah ekspedisi pengiriman barang. Anda yang berada di Pulau Lombok bisa berbelanja barang secara online di Pulau Jawa tanpa perlu mendatanginya secara langsung. Anda pun tidak perlu pusing mikirin proses pengirimannya, sebab hal tersebut akan dikerjakan oleh jasa ekspedisi dengan cepat dan harga yang terjangkau.

Jual beli online, sumber: google.com
Jual beli online, sumber: google.com

Sekarang ini belanja secara online semakin diminati oleh banyak orang, hal itu terbukti dengan semakin maraknya keberadaan marketplace atau e-commerce seperti tokopedia, shopee dan lain sebagainya. Fenomena tersebut berbanding lurus dengan kebutuhan akan jasa ekspedisi yang semakin meningkat peluangnya.

Pengiriman barang yang dipesan oleh konsumen melalui berbagai media marketplace yang ada tergantung jasa ekspedisinya. Oleh sebab itu, supaya jasa ekspedisi bisa bersaing dengan teknologi marketplace yang bisa mendapatkan pesanan barang secara tiba-tiba, maka bisnis ekspedisi juga perlu mengaplikasikan teknologi digitalisasi di dalamnya. Lagi-lagi termasuk dalam aspek digital marketingnya..

Peluang lain bisnis ekspedisi adalah kemudahannya. Bisnis ekspedisi merupakan salah satu peluang usaha yang dapat dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Jadi, Anda tidak mesti membuka usaha sendiri dari awal, melainkan Anda bisa bekerja sama dengan jasa atau perusahaan ekspedisi terkait guna menjadi agen. Anda bisa membuka tempat untuk menampung paket sebelum diambil untuk dikirimkan ke pusat, apabila tempat memadai.

Digitalisasi Bisnis Ekspedisi

Di tanah air, upaya untuk proses digitalisasi bisnis ekspedisi sudah dilakukan sejak beberapa tahun ke belakang. Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, proses digitalisasi ini sangat penting guna menunjang jasa yang mampu bersaing dengan bisnis lain yang kebanyakan sudah berbasis teknologi. Beberapa upaya digitalisasi yang sudah dilakukan adalah:

Penugasan Supir Ekspedisi

Upaya digitalisasi pertama yang dilakukan oleh bisnis ekspedisi adalah dengan plotting truck driver atau kata lainnya adalah penugasan supir secara digital via aplikasi. Sebagai contoh, jika jasa ekspedisi menggunakan aplikasi flits, maka para supir bisa memanfaatkan aplikasi flits driver ini.

Selain aplikasi ini, masih ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengkombinasikan bisnis ekspedisi dengan teknologi digitalisasi. Sehingga, dengan hal tersebut kegiatan operasional dan kerja jasa menjadi lebih efisien dan praktis.

Kurir ekspedisi, sumber: google.com
Kurir ekspedisi, sumber: google.com

Digitalisasi melalui Platform

Upaya digitalisasi kedua adalah dengan memanfaatkan platform. Platform ini bisa membantu kurir ekspedisi guna mendapatkan muatan barang sekaligus pemantauan pengiriman barang. Salah satu platform terkait di Indonesia adalah Kargo.  Kargo adalah platform bisnis to bisnis yang menyediakan layanan penyewaan armada untuk memudahkan bisnis logistik.

Umumnya platform jenis ini memiliki dua jenis konsep, yakni bisnis aggregator dan bisnis layanan berlangganan. Pada konsep aggregator sistemnya mirip dengan gojek dan grab dan menerapkan biaya layanan dengan persentase berkisar antara 10-13% untuk setiap transaksi dan untuk layanan langganan memberikan tagihan otomatis setiap bulan.

Kesimpulannya, digitalisasi bisnis ekspedisi dilakukan supaya bisnis ini mampu bertahan di tengah persaingan teknologi yang semakin memanas. Walaupun digitalisasi ini tidak mudah untuk driver, namun untuk bisa bersaing jasa terkait bisa memberikan edukasi khusus mengenai penggunaannya pada setiap kurir.

Nah, itulah artikel singkat mengenai digitalisasi bisnis ekspedisi yang bisa Om Cargo Jogja paparkan. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang dunia pengekspedisian. Kunjungi website resmi kami untuk mendapatkan update artikel informatif lainnya.