Kecenderungan manusia untuk dekat pada hewan sudah menjadi tabiat bawaan. Baik untuk keperluan konsumsi atau hobi, keterkaitan manusia dan hewan akan selalu terjalin. Namun terkadang dalam satu daerah tidak dijumpai satu jenis hewan tertentu. Maka jika anda ingin mendatangkan dari suatu tempat, anda perlu tahu aturan pengiriman hewan hidup yang ditetapkan oleh suatu negara.

Sudah sejak masa lalu manusia bergantung dengan keberadaan hewan. Masyarakat tradisional biasa menjadikan hewan sebagai sumber protein hewani. Manusia sebagai makhluk omnivora terbiasa mengonsumsi hewan dalam kehidupan mereka. Dan kebiasaan itu berlangsung hingga kini.

Namun dalam berubahnya peradaban manusia, manusia mulai mengenal hewan sebagai peliharaan. Selain bisa dijadikan sebagai hobi, hewan juga berfungsi sebagai tempat mencurahkan kasih sayang. Sehingga saat ini begitu banyak dijumpai hewan kesayangan atau yang sering disebut pets.

Baik untuk kebutuhan sumber protein atau hewan kesayangan, manusia akan mengupayakan untuk mendapatkan hewan yang diinginkannya. Jika tidak ada di daerahnya, maka mendatangkan dari daerah lain adalah satu-satunya solusi. Hewan bisa dikirim menggunakan lewat darat menggunakan kendaraan seperti pada sewa truk box. Bisa juga menggunakan kapal hingga pesawat.

Aturan pengiriman hewan hidup adalah jasa baru, sumber : unsplash.com
Adanya pengiriman ini membuat jasa pengiriman semakin berkembang, sumber : unsplash.com

Jasa Pengiriman Hewan Hidup Itu Solusi

Persebaran manusia ke berbagai pelosok daerah otomatis dibarengi dengan kebutuhan mereka terhadap sesuatu. Terlebih sebagai makhluk sosial yang telah biasa hidup di daerahnya, maka kecenderungan untuk memenuhi kebutuhan sesuai daerahnya cenderung akan diusahakan.

Berbagai kebutuhan baik untuk kebutuhan primer, sekunder hingga tersier akan selalu menjadi kecenderungan manusia untuk memenuhi. Sehingga dimanapun dia berada, kebutuhan tersebut akan selalu melingkupinya.

Berbeda dengan masa lalu, kemajuan peradaban yang semakin modern semakin memudahkan manusia. Jika manusia butuh pada sesuatu dan tidak ditemukan di daerahnya, jasa pengiriman menjadi solusi. Jasa pengiriman logistik dan cargo seperti Kabul Transport begitu bermanfaat keberadaannya hari ini.

Begitu juga dengan para penyedia jasa pengiriman hewan hidup yang ada. Keberadaannya adalah solusi untuk persebaran hewan. Baik dalam negeri hingga luar negeri. Baik hewan konsumsi ataupun hewan peliharaan. Tak ada cara lain untuk melakukan persebaran kecuali dengan jasa pengiriman. Dengan demikian jasa pengiriman berarti mendukung kesejahteraan.

Pengiriman hewan hidup jadi solusi, sumber : misterexsportir.com
Pengiriman ini solusi untuk pecinta hewan, sumber : misterexsportir.com

Aturan Pengiriman Hewan Hidup

Bagi anda yang ingin mengirimkan hewan hidup baik hewan kesayangan atau konsumsi, inilah aturan pengiriman yang sebaiknya anda pahami :

1. Persyaratan Umum

Inilah beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi :

a. Sertifikat kesehatan hewan yang dikeluarkan oleh dokter hewan berlisensi untuk 10 hari. Biasanya yang diperlukan adalah dua rangkap, yaitu sertifikat asli dan salinannya.
b. Sertifikat sanitasi yang dikeluarkan setelah selesai karantina. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 82 tahun 2000 tentang karantina hewan.
c.Surat keterangan asal hewan, dimana memiliki fungsi untuk rekam jejak apakah daerah tersebut pernah terjangkit suatu penyakit.
d. Surat karantina hewan yang dikeluarkan oleh dinas karantina setempat. Hal ini berdasarkan Undang-Undang nomor 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan.
e. Surat rekomendasi dari dinas peternakan tujuan pengiriman. Dimana isinya adalah pernyataan bahwa daerah tujuan dapat menerima jenis binatang yang akan dikirim dari luar daerah.
f. Sertifikat vaksinasi rabies untuk spesies hewan seperti anjing, kelinci, kucing dan sejenisnya. Namun ini berlaku untuk hewan yang berusia diatas 12 minggu.
g. Surat sedasi khusus untuk hewan yang dikirimkan dengan cara dibius.

Mengirimkan hewan memang memiliki persyaratan sebagaimana pengiriman furniture. Selain memiliki persyaratan umum diatas, ada juga persyaratan khusus untuk hewan.

Aturan pengiriman hewah hidup sebaiaknya ditaati, sumber : misterexsportir.com
Kirim hewan hidup memiliki aturan, sumber : misterexsportir.com

2. Persyaratan Khusus

Dan berikut adalah persyaratan khusus dalam pengiriman hewan hidup :

a. Pengiriman hewan eksotis, hewan dilindungi atau burung liar harus mencamkan surat keterangan. Dimana isinya adalah penjelasan tentang tempat kelahiran penangkaran, hingga keperluan dikirim. Untuk dilestarikan, kebun binatang, lembaga kesehatan atau lembaga pemerintah penanganan satwa liar.
b. Pengiriman primata memiliki batas umur yaitu minimal enam bulan. Selain itu juga dilampirkan surat keterangan sebagaimana penjelasan diatas. Biasanya tidak akan diterima jika untuk keperluan laboratorium tanpa ada izin dari dinas terkait.
c. Pengiriman ikan dan yang sejenis harus dengan air yang mengandung kadar seimbang untuk yang hidup dilaut. Namun kadar garam harus seimbang agar tidak menyebabkan korosi pada pesawat.
d. Pengiriman reptils dan jenis mamalia kecil harus dipaking sebaik mungkin agar tidak lepas dalam pesawat. Berbeda dengan packing makanan, packing hewan terlebih jenis ini memerlukan perhatian lebih ekstra untuk keselamatan.
e. Pengiriman selain hewan diatas harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dinas peternakan setempat. Biasanya ada kebijakan khusus yang diberlakukan di suatu daerah.

Itulah garis besar persyaratan yang harus anda penuhi jika ingin mengirimkan hewan hidup. Pengiriman jenis ini memiliki kedetailan yang lebih. Selain karena faktor keselamatan nyawa makhluk hidup, juga untuk menjaga kelestarian hewan jika yang dikirim termasuk hewan dilindungi.

Jika dalam pengiriman memiliki persyaratan, maka yang akan menerima pun juga demikian. Persayaratan untuk penerima biasanya adalah Nomor SMU (Surat Muat Udara) jika dikirimkan dengan pesawat. Identitas penerima seperti KTP atau SIM yang masih aktif. Dan juga akan diminta mengisi formulir tanda terima sebagai bukti hewan telah sampai.

Selain persyaratan di atas yang harus dipenuhi, terkadang ada hal lain yang harus dilengkapi. Tergantung pada keadaan masing-masing hewan dan juga kebijakan daerah. Namun pada dasarnya mengirim hewan hidup hari ini semakin mudah dengan adanya penyedia jasa pengiriman hewan hidup.

Nah apakah anda sudah memilih hewan kesayangan yang akan dikirimkan? Atau untuk keperluan lain seperti peternakan? Jika masih dalam satu provinsi, biasanya pengiriman hewan akan lebih mudah karena hanya melalui jalur darat. Semoga beruntung ya.